Sabtu, 09 Agustus 2014

Pola Pikir Berbisnis Orang Tiongkok

 Orang Tiongkok adalah orang yg memiliki pola pikir unik,terlebih terkait dgn dunia bisnis. Berbeda dgn kebanyakan orang, orang Tiongkok mampu membaca setiap peluang yg ada utk meraup keuntungan.Banyak di antara mereka berpikir bahwa waktu adalah uang. Sehingga pantang bagi mereka membuang waktu tanpa adanya manfaat apapun,terutama manfaat secara materi.
 Orang Tiongkok sukses dalam berbisnis sejatinya memiliki pola pikir yg sama dgn orang sukses pada umumnya. Orang Tiongkok memandang bahwa uang sebagai kemerdekaan dan kesempatan, bukan sebagai akar dari kekacauan. Karena itu orang Tiongkok menjadikan uang sebagai suatu kesempatan meraih sukses dan menjadi kaya. Uang bagi mereka adalah sumber kemakmuran dan kebahagiaan bagi diri sendiri dan keluarga, bahkan bagi orang banyak.
 Oleh sebab itu, setidaknya ada 5 pola pikir yg selalu melekat pada diri orang Tiongkok, yakni;
  1. Berpikir bahwa uang harus ditabung dan dijadikan alat untuk meningkatkan pendapatan. Soal investasi orang Tiongkok adalah jagonya. Mereka akan menginvestasikan sebagian besar keuntungan bisnisnya utk membesarkan usaha yg dikelolanya. Sehingga kelak bisnis yg ia kelola bisa menghasilkan keuntungan berlipat, dibandingkan sebelumnya. Karena itu pula, mereka rela hidup berhemat dan membiasakan hidup dalam kondisi susah/sederhana.
  2. Berpikir bahwa utk sukses seseorang harus mau berwirausaha, terjun dalam dunia bisnis dan mengelola sendiri bisnis tersebut. Orang Tiongkok dalam hal ini berbeda dgn kebanyakan orang. Mereka tak pernah takut bahwa berwirausaha mengandung resiko. Bagi mereka resiko gagal dalam menjalankan  suatu usaha adalah hal wajar. Sehingga tidak patut untuk ditakuti. Mereka berani keluar dari Zona nyaman semisal bekerja disebuah instansi atau swasta, karena mereka yakin bahwa sangatlah sulit menjadi kaya kalau hanya mengandalkan gaji sebagai karyawan/pekerja.
  3. Berbeda dgn kebanyakan orang yg melihat uang secara emosional. Orang Tiongkok melihat uang dgn logikanya. Pada dasarnya dikenal sangat perhitungan tapi tidak berarti pelit, melainkan cermat dalam mengeluarkan uang. Namun mereka tak pernah takut akan kehilangan uang mereka, saat mereka yakin secara logis bahwa uang mereka keluarkan nantinya bisa menghasilkan banyak keuntungan.
  4. Selalu fokus dgn uang dan bisnis mereka. Berbeda dgn kebanyakan orang yg tak memiliki keinginan kuat utk mencapai targetnya. Karena banyak yg ditanggung dalam bisnisnya baik itu karyawan dan keluarganya sendiri maka sudah hal wajib fokus agar mencapai target bahkan lebih.
  5. Tidak mudah dikendalikan oleh keinginan. Banyak orang Tiongkok yg sudah berhasil misalnya, tetap memilih utk hidup sederhana, dibandingkan mengahambur-hamburkan uang utk memenuhi hasrat dan keinginan semata. Bagi mereka uang yg sudah didapatkan dgn memeras keringat, bahkan berjuang dgn berdarah-darah, sangat tidak etis jika dihabiskan begitu saja. Karena itu, mereka memilih utk menginvestasikan uangnya. Sehingga uang tersebut bisa digunakan oleh generasi generasi setelahnya.
Semoga bermanfaat dan menambah motivasi dalam meraih hidup yg sukses.
Copas:Ferian Arifin.Rahasia Sukses Bisnis Orang Cina&Korea.
Yogyakarta:Araska.2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar